Monday, July 19, 2021

Heart Rate


Bahasan tentang heart rate (HR) memang selalu menarik bagi teman-teman yang suka berlari. Malam minggu kemarin acara Zoom @cah2000playon bersama narasumber @medishita dan moderator @deboradyah adalah tentang resting HR versus exercise HR.

Pada saat kita berolahraga, jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh. Semakin rutin berolahraga, HR semakin rendah dan kemampuan jantung untuk memompa akan lebih bagus. Stroke volume adalah jumlah darah yang dipompa oleh jantung dalam satu siklus jantung. Sementara cardiac output adalah jumlah darah yang dipompa oleh jantung per menit. Cardiac output (liter per minute) dihasilkan dari HR (beat per minute) dikalikan stroke volume (liter per beat). Endurance training membantu meningkatkan stroke volume dan menurunkan HR.

Pada saat berolahraga, suhu sangat berpengaruh. Pada saat suhu panas, kita akan mengalami dehidrasi. Akibatnya air di pembuluh darah berkurang sehingga darah yang kembali ke jantung akan berkurang, hal ini menyebabkan stroke volume juga akan berkurang. Kemudian HR akan naik untuk memenuhi oxygen demand.

Rutin berolahraga berfungsi untuk memperpanjang periode kenaikan HR. Kita harus menyeimbangkan kebutuhan oksigen dengan kemampuan nadi. Stroke volume yang tidak bisa mengimbangi oxygen consumption (tidak bisa mengejar) menyebabkan nafas kita menjadi megap-megap saat berolahraga. Sebaiknya intensitas olahraga diturunkan supaya stroke volume dapat mengimbangi oxygen consumption.

Kondisi jantung atlet yang terlatih kadang resting HR-nya terlalu rendah. Ini karena ketebalan otot jantungnya terlalu tebal tetapi kemampuannya untuk menampung volume cairan darah justru mengecil. Kondisi ini disebut hipertrofi dan bisa menyebabkan cardiac arrest, aritmia, dll. Jadi, apapun yang berlebihan itu memang tidak baik.

Pesan dr. Shita: usahakan berolahraga rutin minimal 90 menit dalam seminggu di zona HR latihan supaya kemampuan jantung tetap baik. Olahraga lebih intens daripada itu tidak mengapa, asal kita memiliki waktu recovery yang cukup.

No comments: