Monday, July 19, 2021

Personal Best

Juli 2020

Alhamdulillah akhirnya berhasil juga memperbarui catatan waktu pada race kategori 10K. Sekadar informasi, aku pertama kali bisa berlari sejauh 10K pada tahun 2020 ketika pandemi mengguncang negeri dan aku terpaksa mengalihkan latihan lari di jalanan kompleks. Saat pertama kali mulai berlari 10K saat itu, aku memilih zona heart rate nyaman di pace 11. Kemudian aku memberanikan diri mengikuti race 10K bersama @mamahgajahberlari dalam gelaran ITB Ultra Marathon, Desember 2020. Tentunya bukan hal yang mudah karena riwayat HR-ku selalu tinggi dan nafas selalu megap-megap ketika aku menggeber speed.

ITB UM 10K, Desember 2020

Time Trial ITB 101 VR, awal Juli 2021

Latihan demi latihan yang aku lakukan membuatku berhasil mencatatkan waktu 1:26:31 dengan pace 8:38. Kemudian setelah itu aku memutuskan untuk menghentikan latihan MAF karena sudah setahun tidak membawa hasil yang cukup signifikan untuk menurunkan HR. Mulailah aku lebih banyak melakukan variasi speed pada training plan, dan pada Time Trial pertama untuk race 10K pada gelaran ITB 101 Virtual Run, awal Juli 2021, aku sedikit memperbaiki catatan waktu menjadi 1:25:54 dengan pace 8:29.


Time Trial ITB 101 VR, 17 Juli 2021 akhirnya PB

Waktu race yang lumayan longgar karena diperpanjang menjadi enam minggu akibat PPKM membuatku penasaran untuk melakukan remedial. Setelah melalui dua pekan adaptasi dengan suhu Tangerang Selatan yang berbeda jauh dengan Bandung yang adem, alhamdulillah aku berhasil memperbarui catatan waktu pada race kategori 10K, yaitu 1:20:46 dengan pace 7:59. Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk ukuranku, mengingat zona HR nyaman untuk easy run masih berkisar di pace 9.

Pesan moral yang ingin kusampaikan: jangan pernah berhenti berusaha dan jangan membandingkan diri dengan pencapaian orang lain. Banyak orang lain yang lebih wow pencapaiannya, aku tahu. Namun bukan di situ poin pentingnya. Sadarilah bahwa masing-masing orang berproses dan Tuhan tahu seperti apa perjuangan kita.

Be good to yourself. Celebrate and appreciate small victories, so you can be ready for greater ones. Never compare them to others. You are one-of-a-kind. Remember where you started. Remember why you started. And celebrate where you are today!

No comments: