Sunday, February 28, 2021

Fruitcake Ala Nad’s Yummy

Fruitcake identik dengan taburan buah kering di dalamnya. Biasanya buah kering ini berupa sukade yang rasanya manis sehingga membuat fruitcake menjadi nikmat. Dulu waktu masih sering memanggang kue, aku pernah membuat fruitcake dengan isian kurma dan kacang badam. Selain nikmat, kandungan kurma juga menyehatkan, apalagi jika dipadukan dengan kacang badam yang memiliki sensasi renyah pada kue yang lembut. Resep fruitcake juga biasanya mengandung kayu manis yang membuat aroma kue menjadi harum.

Kali ini aku ingin mengulas fruitcake buatan temanku, Lia. Beliau koki kue yang berpengalaman membuat kue-kue cantik dan memiliki toko kue Nad’s Yummy di Jl. Adi Sucipto, Solo. Beberapa pelanggannya adalah orang-orang terkenal seperti pembalap Rio Haryanto, Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo, G.K.B.R.Ay.A. Paku Alam, dan G.K.R. Hemas dari Keraton Yogyakarta.



Dari segi pengemasan, fruitcake dari Nad’s Yummy menggunakan dus coklat yang cukup tebal dan dihias dengan pita cantik sehingga cocok dijadikan hadiah, hantaran, atau oleh-oleh. Bila dikirim ke luar kota, kue dilapisi dengan tambahan pengaman berupa bubble wrap sehingga sampai dengan selamat di tangan penerima.


Irisan buah dan kacang-kacangan yang memikat mata

Dari segi penampilan, kue ini meriah sekali karena ragam isiannya begitu berwarna-warni memikat mata. Bahan-bahan premium yang dijadikan isian di antaranya ceri merah, ceri hijau, kismis, sultana, cranberi, dan kacang kenari. Begitu kita iris kuenya, ternyata isiannya banyak sekali hingga ke dalam kue, jadi bukan hanya taburan meriah di atas permukaan saja.


Isiannya melimpah ruah sampai ke dalam

Saat dicicipi, teksturnya lembut dan muprul (Bahasa Jawa). Yang paling istimewa: isian buah dan kacang-kacangan yang direndam semalaman di dalam jus jeruk menciptakan sensasi rasa asam pada kue yang manis. Rasa manis kuenya pun cenderung ringan dan tidak berlebihan. Hmmm, terbayang kan bagaimana enaknya? Ya, kue ini memang sangat menggugah selera dan membuatku tak ingin berhenti mengunyahnya.

Fruitcake Nad’s Yummy tidak dibuat setiap hari. Untuk dapat memesannya, pelanggan biasanya menghubungi Lia secara pribadi, atau ikut memesan saat Lia membuka pesanan pre-order. Meskipun tidak setiap saat dapat diperoleh, kue ini sangat layak untuk dicoba. Rasa penasaran saat menunggu masa pre-order akan pupus begitu kita mencicipinya. Secara keseluruhan kuberi kue ini nilai 8/10.

No comments: