Sunday, February 13, 2022

Latihan Kardio sebagai Permulaan untuk Membakar Lemak

Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, rutin berolahraga penting untuk dilakukan. Jenis olahraga yang tepat untuk membakar kalori dan lemak adalah latihan aerobik atau kardio. Selain membantu efektivitas program diet, latihan kardio juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Mari mengenal lebih lanjut latihan kardio, serta tips-tipsnya agar hasil latihan lebih optimal.


Apakah latihan kardio itu?

Latihan kardio atau aerobik merupakan aktivitas fisik yang dilakukan dengan intensitas sedang dalam jangka waktu yang lama. Jika dilakukan dengan intensitas yang tepat dan secara rutin, latihan kardio efektif membantu menjaga kesehatan jantung dan membakar lemak tubuh.


Berapa frekuensi yang tepat?

Bagi para pemula, frekuensi olahraga yang terbaik di tahap awal adalah 3 kali dalam seminggu. Setelah itu, tingkatkan frekuensi latihan secara bertahap hingga mencapai 5-6 kali dalam seminggu.


Berapa lama untuk membakar lemak?

Lakukan latihan kardio lebih dari 20 menit untuk membakar lemak karena setelah 20 menit berolahraga, lemak baru akan digunakan. Di awal latihan, lemak belum digunakan sebagai sumber energi. Tubuh akan menggunakan sumber cadangan energi lain, yaitu glikogen di otot, terlebih dahulu.

 

Tips: bermula dari target 30 menit setiap latihan, dan tingkatkan secara bertahap hingga 1 jam setiap latihan.


Bagaimana agar pembakaran lemak dapat optimal?

Agar lemak dapat terbakar, lakukan latihan kardio pada fat burning zone. Indikasi fat burning zone adalah jika detak jantung mencapai 60-80% detak jantung maksimum. Ini bisa dicek pada layar treadmill atau dilihat melalui pengukuran smart watch. Bila tidak memiliki smart watch, indikasi bahwa kita sudah mencapai zona ini adalah kalau kita masih dapat berbicara pada saat melakukan olahraga tersebut.


Kapan sebaiknya berolahraga?

Kita dapat melakukan latihan sesuai jadwal yang diinginkan, baik pagi maupun sore. Yang terpenting adalah memilih waktu yang cocok sehingga bisa dilakukan secara rutin.


Jenis olahraga apa yang tepat?

Pilih jenis olahraga yang disukai supaya kita dapat konsisten menjalaninya. Mula-mula memang terasa susah untuk rutin berolahraga, tetapi hal itu bisa diakali dengan melakukan variasi jenis olahraga sehingga kejenuhan dapat dihindari.


Beberapa jenis latihan kardio adalah:

  • Jogging
  • Senam Aerobik
  • Skipping
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Berlari

2 comments:

Sari Agustia said...

tidak ada jalan di dalamnya. kurang kardio ya?

Yustika said...

Iya kurang kalo cuma jalan santai mah. Kudu jalan cepat, brisk walking atau power walk